Search

Content

Cara Menghilangkan Kebiasaan Menggigit Kuku

Gigit kuku,sejujurnya itu juga kebiasaan gua-_- tau kenapa? kadang bisa ada di lakuin secara ngak sadar,apa lagi kalo lagi panik,takut,tegang,stress,bosan.Itu jadi hal hal kusus yang bikin gua gasadar kalo lagi gigit kuku.Kadang abis nulis juga gigit kuku,sampe temen ada yang ngomong "Emang kuku lu ada rasanya?? sampe di gigitin?" kan jadi salting sendiri kalo di tanya gitu.

Terus kalo udah gigit kuku,pasti kuku jadi jelek,yakan??? jadi pendek,bentuknya juga gak beraturan.Mencong sana sini,jadi kasar juga,kan jadi males tuh ngeliatnya.Abis kayak gitu ngeliat Yesung juga hobby gigit kuku-_- serasa ada yang samaan dan serasa ada yang dukung-_- secara yesung ternyata hobbynya sama,Tapi akhirnya gua melihat kuku temen yang bagus-_- kan jadi envy sendiri,dan jadi pengen punya kuku kayak gitu dan punya niat buat ngak gigi gigit kuku lagi.

Yahhh,cuman yang namanya kebiasaan pasti susah banget buat di ilangin.Googling sana sini,tanya temen sampe usaha sendiri buat gak gigit gigit kuku..So,ini ada beberapa tips :

1. Mencari pengobatan
Jika kebiasaan menggigit kuku cukup ekstrem maka dapat menyebabkan jari berdarah, kehilangan kuku atau kuku mengalami kerusakan permanen. Jika hal tersebut terjadi, maka sudah saatnya untuk mencari bantuan.

Kebiasaan menggigit kuku (onychophagia) sebenarnya adalah bagian dari sekelompok perilaku yang termasuk dalam diagnosa gangguan obsesif kompulsif (OCD).

2. Mencari penyebab mengapa memiliki kebiasaan menggigit kuku
Mungkin awalnya mulai menggigit-gigit kuku satu hari dan terus melakukannya sampai menjadi kebiasaan.

Namun bagi sebagian orang, ada alasan yang sangat spesifik untuk melakukannya, seperti kebosanan, ketakutan, stres atau kecemasan.

3. Mengalihkan perhatian
Setelah menyadari memiliki kebiasaan menggigit kuku, maka bisa mencoba mengarahkan energi ke dalam tindakan yang berbeda. Bagi sebagian orang, dapat dengan menyibukkan tangan dengan kegiatan.

4. Mengoleskan krim atau bahan lain pada kuku
Krim, minyak atau poles kuku khusus dirancang untuk menghentikan kebiasaan menggigit kuku. Karena kebiasaan tersebut biasanya dilakukan tanpa sadar dan dapat berhenti ketika mendapati ada rasa atau aroma yang tidak enak dari kuku.

5. Menjaga kuku tetap rapi
Salah satu solusi bagi orang yang memiliki kebiasaan menggigit kuku adalah untuk menjaga kuku tetap rapi. Manicure kit biasanya berisi alat-alat seperti gunting kuku, file, gunting kecil dan pendorong kutikula.

Cobalah untuk melakukan manikur seminggu sekali. Mulailah dengan memotong kuku jika perlu, dan kemudian menghaluskan ujung-ujungnya.

6. Memasukkan tangan ke dalam saku
Salah satu cara untuk menghentikan kebiasaan menggigit kuku dapat dengan memasukkan tangan ke dalam saku.

7. Relaksasi
Bagi sebagian orang, menggigit kuku dapat menenangkan dalam menghadapi stres atau khawatir. Maka teknik relaksasi atau pengurangan stres dapat digunakan untuk mengatasi dorongan untuk menggigit-gigit kuku.

Terapi ini bisa sangat efektif dalam mengurangi stres dan kecemasan, yang mungkin menjadi akar masalah dari kebiasaan menggigit-gigit kuku.

8. Mencari dukungan orang disekitar
Mencari dukungan dari orang-orang sekitr dapat membantu mengehentikan kebiasaan menggigit-gigit kuku.

Alasan lain untuk mencari teman atau kelompok untuk mendukung menghentikan kebiasaan menggigit kuku adalah bahwa ada kemungkinan dalam kesamaan dalam penyebab kebiasaan tersebut.

9. Melakukan kebiasaan baru
Melakukan kebiasaan baru dapat membantu menghentikan kebiasaan menggigit kuku. Tentunya kebiasaan baru yang dipih adalah kebiasaan yang baik, misalnya bersenandung, mengunyah permen karet, atau makan.

10. Memakai kuku palsu
Kuku palsu tidak hanya terlihat bagus, tetapi juga dapat digunakan untuk mencegah kebiasaan menggigit kuku.

Jika kuku palsu tidak cukup untuk mencegah menggigit kuku, maka dpat dengan menggunakan perban pada jari.

cr:http://health.detik.com/read/2012/03/28/172930/1879272/766/10-cara-menghentikan-kebiasaan-menggigit-gigit-kuku

Aku yang ke berapa?

Blog Archive